by Dr. Marsigit
unsur - unsur yang terkandung, direview oleh Dian Permatasari
NIM/ Prodi : 10313244018/ International Mathematics Education
unsur - unsur yang terkandung, direview oleh Dian Permatasari
NIM/ Prodi : 10313244018/ International Mathematics Education
Makalah ini berisi tentang hasil penelitian Mr. Marsigit dan Mrs. Ida, yang dilakukan di SMP 5 Wates, merupakan suatu penelitian tindakan kelas yang bertujuan mengatasi masalah – masalah yang ada dalam kelas, seperti masalah motivasi siswa dan penyebabnya. Keberhasilan dalam proses belajar mengajar matematika tidak bisa terlepas dan peran guru sebagai informator, komunikator, dan fasilitator. Metode yang digunakan guru pun berperan dalam interaksi antara guru, siswa, dan prestasi siswa. Sampai sekarang, masih terdengar siswa yang takut, tidak tertarik, sulit dikerjakan dan tidak berhubungan dengan kehidupan sehari – hari. Hal itu bisa dilihat dari hasil Ujian Akhir Nasional yang masih kurang dan harapan, tetapi ada pula siswa yang suka metematika dan memperlihatkan prestasi yang membanggakan. Menurut penelitian yang dilakukan Mr. Marsigit, salah satu upaya guru untuk meningkatkan motivasi siswa di SMP khususnya SMP 5 Wates, dimana Mr. Marsigit dan Mrs. Ida melakukan penelitian, adalah dengan membuat pembelajaran metematika menjadi menyenangkan, menarik dan berhubungan dengan kehidupan sehari – hari. Karena siswa SMP yang berusia 12 – 15 tahun, berdasarkan teori kognitif dari Peaget, usia ini masih dalam tahap operasi formal yaitu membandingkan, mendiskusikan, dan membuat kesimpulan. Dalam tahap ini, ada tahap perubahan fungsi intelektual dari pemikiran konkret menuju ke abstrak, maka dari itu siswa mmebutuhkan alat peraga yang mampu membantu proses pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Mr. Marsigit dan Mrs. Ida dengan alat peraga yang digunakan berupa papan berpaku, karet, kartu, lembar kerja siswa, kertas transparan, benang, kayu yang digunakan sebagai model matematika, ternyata mampu untuk meningkatkan motivasi siswa dalam proses belajar mengajar. Dari hasil tersebut, peneliti menyarankan agar guru matematika khususnya untuk SMP hendaknya menggunakan metode yang bervariasi untuk memotivasi siswa, menghindarkan siswa dari kebosanan, dan selalu menggunakan alat peraga untuk menjelaskan tentang konsep, ide, definisi, dan prosedur dalam matematika. http://staff.uny.ac.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar