Entri Populer

Selasa, 27 September 2011

THE ICEBERG APPROACH OF LEARNING FRACTIONS IN JUNIOR HIGH SCHOOL: TEACHERS’ SIMULATIONS OF PRIOR TO LESSON STUDY ACTIVITIES

By Dr. Marsigit
Reviewed by : Dian Permatasari
NIM/ Prodi : 10313244018/ International Mathematics Education

Makalah ini berisi tentang pendekatan realistik yang digunakan untuk pembelajaran tentang pecahan di SMP dengan menggunakan Lesson Study.
Matematika di SMP berfungsi untuk mendorong siswa berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, kreatif dan dapat berkolaborasi dengan orang lain. Para siswa perlu mengembangkan keterampilan pemecahan masalah baik masalah tertutup atau terbuka. Dalam memecahkan masalah, siswa perlu kreatif untuk mengembangkan cara dan alternatif pemecahan masalah, mengembangkan model matematika, dan untuk memperkirakan hasilnya. Pendekatan kontekstual dan realistis disarankan untuk dikembangkan guru untuk mendorong mathematical thinking di sekolah dasar. Dengan pendekatan ini, diharapkan siswa selangkah demi selangkah belajar dan menguasai matematika dengan antusias.
Matematika harus dekat dengan anak – anak dan sesuai dengan kehidupan sehari – hari. Namun, kata realistik itu tidak hanya berarti berhubungan dengan dunia nyata tapi juga dengan masalah yang ada di dalam pikiran siswa. Pendidikan matematika yang diselenggarakan sebagai suatu proses penemuan yang terarah, dimana siswa dapat mengalami proses yang sama dengan proses penemuan matematika.
Meskipun, model iceberg membantu siswa untuk membangun konsep pecahan mereka sendiri, tetapi siswa masih kesulitan untuk memecahkan masalah secara simbolis. Namun, mereka menyelesaikan masalah yang serupa dengan konteks situasi dunia nyata. Banyak dari guru yang mengakui bahwa representasi pecahan adalah hal yang sangat abstrak dan sulit bagi siswa. Sementara itu, mereka juga menemukan bahwa model iceberg adalah pendekatan yang sangat berguna dan pentinga dalam pembelajaran pecahan pada siswa SMP. 
source: http://staff.uny.ac.id/dosen/marsigit-dr-ma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar