Oleh: Dr. Marsigit, M. A.
Unsur -unsur psikologi yang terkandung, direview oleh Dian Permatasari (10313244018)
Dalam mengembangkan metode belajar mengajar, seorang guru perlu merencanakan skenario mengajar yang berupa rencana kegiatan siswa, pendistribusian tugas, pengembangan penilaian metode, dan memantau kemajuan prestasi siswa. Dalam mengembangkan pengalamannya guru juga perlu berpartisipasi dalam lokakarya atau seminar sehingga guru dapat melakukan proses belajar mengajar lebih efektif dan efisien. Siswa juga terlibat langsung sehingga mereka menikmati proses pembelajaran.
Sekolah Berbasis Dasar matematika kurikulum menguraikan bahwa tujuan mengajar pembelajaran matematika adalah sebagai berikut:
Untuk memahami konsep matematika, menjelaskan hubungan dan menerapkan dalam memecahkan masalah secara akurat dan efisien.
Untuk mengembangkan keterampilan berpikir dalam belajar pola dan karakteristik matematika, untuk memanipulasi mereka dalam rangka untuk menggeneralisasi, membuktikan dan menjelaskan ide-ide dan proposisi matematika.
Untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, menguraikan model matematika, memecahkan dan memperkirakan hasil yang akan didapatkan.
Mengkomunikasikan ide-ide matematika dengan menggunakan simbol, tabel, diagram dan media lainnya.
Untuk mengembangkan apresiasi dari penggunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari, keingintahuan, pertimbangan, dan mengembangkan kemauan dalam matematika belajar serta tangguh dan percaya diri.
Dari kurikulum tersebut menyatakan bahwa dapat dipelajari belajar matematika melibatkan berbagai pengajaran bidang pengetahuan dan banyak keterampilan. Ketika pengetahuan baru muncul siswa perlu mengembangkan sikap matematika mereka untuk dapat memecahkan masalah
Katagiri, S. (2004) menunjukkan bahwa, untuk mengembangkan sikap matematika, siswa harus menyadari sebelum belajar merasakan "perlunya" dan merasakan kebutuhan atau keinginan untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan baru. Ini menyimpulkan bahwa penting untuk melakukan kelas berbasis penelitian untuk menyelidiki diperlukan faktor pendorong terhadap pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan.
Katagiri, S. (2004) menunjukkan bahwa, untuk mengembangkan sikap matematika, siswa harus menyadari sebelum belajar merasakan "perlunya" dan merasakan kebutuhan atau keinginan untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan baru. Ini menyimpulkan bahwa penting untuk melakukan kelas berbasis penelitian untuk menyelidiki diperlukan faktor pendorong terhadap pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan.
Proyek Lesson Study terbukti sangat efektif dalam mengangkat semangat siswa dalam belajar ilmu pengetahuan, membantu siswa untuk mengembangkan eksperimental, keterampilan diskusi, dan memberikan kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan konsep mereka sendiri. Itu juga membuktikan bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme siswa dapat menemukan gaya terbaik mereka dalam belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar